WELCOME

KENDARI SOUTH EAST SULAWESI INDONESIA

Laman


Senin, 23 April 2012

Taman Nasional Wakatobi: Surga Bawah Laut Yang Menakjubkan




Sumber : http://www.indonesia.travel

Taman Nasional Kepulauan Wakatobi merupakan keindahan alam perairan yang sangat menakjubkan. Keindahan darat dan bawah lautnya akan memuaskan mata, menyegarkan hati dan pikiran Anda serta menambah pengalaman Anda mengenai kehidupan bawah laut. Beberapa kegiatan yang pasti bisa Anda lakukan di sini mulai dari menyelam, snorkeling dan berenang untuk melihat gugusan terumbu karang yang indah dan berbagai biota laut.

Anda juga bisa mengunjungi perkampungan masyarakat adat yang tinggal di sekitar Taman Nasional ini. Suku yang tinggal di sekitar taman ini dikenal dengan suku Bajau. Menurut catatan penjelajah Cina dan Eropa kuno, mengatakan bahwa manusia perahu adalah manusia yang mampu mengeksplorasi Johor, Singapura, Sulawesi dan Kepulauan Sulu. Dari keseluruhan manusia perahu di Asia Tenggara yang masih memiliki kebudayaan perahu tradisional adalah suku Bajau. Menyelami kehidupan sehari-hari mereka yang menarik dan unik, terutama keahlian menyelam ke dasar laut tanpa peralatan untuk menombak ikan.

Pulau Hoga (Resort Kaledupa), Pulau Binongko (Resort Binongko) dan Resort Tamia merupakan lokasi tempat menarik untuk dikunjungi, terutama untuk menyelam, snorkeling, wisata bahari, berenang, berkemah dan budaya.

Berikut beberapa penginapan yang bisa Anda pilih :

Hotel Wakatobi
Alamat: Jln. Ahmad Yani Kab. Wakatobi, Wangi-Wangi
Tlp: (0404) 21823

Hotel Al Aziziyah
Jln. Poros Liya Kab. Wakatobi, Wangi-Wangi

Hotel Lina
Jln.Wolter Monginsidi Kab. Wakatobi, Wangi-Wangi

Hotel Setiana
Jln.Endapo Kab. Wakatobi, Wangi-Wangi Indonesia

Penginapan Nita Sari
Jl.Kemakmuran No. 34, Kompleks Pasar Pagi Kel. Pongo, Wangi-Wangi
Tlp: 0404-21636

Di Pulau Hoga dengan pantai pasir putih dan panoramanya yang indah menawarkan tempat yang dapat menampung hingga ratusan tamu. Di sini terdapat beberapa hotel dan penginapan bagi Anda untuk menghabiskan waktu di Wanci di Pulau Wangi-Wangi.

Anda bisa mendapatkan makanan dan minuman jika Anda menginap di Wakatobi Dive Resort dan di hotel-hotel tempat Anda menginap. Menu makanan yang ditawarkan umumnya adalah olahan laut seperti udang, ikan dan cumi dalam keadaan yang masih sangat segar. Makanan khas Wakatobi yang layak untuk dicicipi antara lain: Paria (sayur paria yang diisi dengan ikan), Tombole (tepung ubi kayu di campur dengan kelapa parut di bungkus daun pisang lalu di bakar dengan batu yang panas), Kasouami (terbuat dari singkong), Barongko (berbahan dasar pisang yang di kukus dengan daun pisang).

Anda juga bisa menemukan restoran di Wangi-Wangi, berikut ini beberapa restoran yang bisa Anda kunjungi:

Rumah Makan Ceria
Losmen Babo, Kompleks Perkampungan Mola
Tlp : 085696130740

Rumah Makan Sederhana Sentral
Jl. Poros Liya, Kompleks Pasar Sentral
Tlp : 081245639159

Rumah Makan Senang
Jl. Poros Liya, Kompleks Pasar Sentral
Tlp : 081245638442

Restaurant Wisata
Jl. Ahmad Yani
Tlp: (0404) 21175

Rumah Makan Wakatobi
Jl. Ahmad Yani
Tlp: (0404) 21868

Rumah Makan Pelangi
Jl. Ahmad Yani
Tlp: 085241971081

Rumah Makan Sederhana
Jl. Inpres Mandati II
Tlp: 081524813524

Anda bisa menggunakan pesawat dari Jakarta menuju Wakatobi dengan tujuan Kendari, ibu kota Sulawesi Tenggara, kemudian melanjutkan perjalanan dengan kapal langsung ke Wanci di Pulau Wangi-Wangi. Wanci merupakan pintu gerbang pertama memasuki kawasan Taman Nasional Wakatobi. Kapal reguler menuju Pulau Wangi-Wangi berangkat tiap pagi pukul 10 dan akan tiba di tujuan sekitar 10 sampai 12 jam kemudian. Dari Wangi-Wangi, perjalanan ke pulau-pulau lain bisa ditempuh dengan perahu-perahu sewaan atau perahu reguler yang sederhana, tetapi cukup aman.

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Taman Nasional Wakatobi adalah dari bulan April sampai dengan bulan Juni dan Oktober sampai dengan bulan Desember setiap tahunnya.

Untuk informasi lengkap mengenai Taman Nasional Wakatobi silakan hubungi:

Wakatobi Tourism Authority

Alamat:
Jl.Kompleks Perkantoran,Wangi-Wangi Selatan,Wakatobi,Sulawesi Tenggara
Tlp: +62-85241586505

Untuk kenyamanan kunjungan Anda di Taman Nasional Wakatobi, Anda bisa menggunakan agen perjalanan:

Patapulo Tour and Travel
Jl. A.P. Pettarani Ruko Bussines Centre
Block B1-2 Makasar
Tlp :62-411-442021, 440409,
Fax :62-411-440372

Email: patapulogroup@hotmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar